April Mop

1 04 2010

Dulu, ketika saya masih sekolah sering dikerjain oleh teman-teman sekelas tepat pada tanggal 1 April. Mereka bilang bahwa itu merupakan April mop, dimana seseorang berhak berbuat kebohongan kepada orang lain dan orang yang dibohongi itu tidak boleh marah. Namun saya masih belum mengerti mengapa orang-orang menjalankan tradisi seperti itu. Ada banyak versi sejarah yang melahirkan tradisi April Mop yang sesungguhnya bukan budaya bangsa sekaligus bukan pula termasuk ajaran Islam karena dalam Islam tentu sangat dilarang berbohong sekalipun dalam guyonan.

Sejarah April Mop

Dari berbagai sejarah saya mencoba menyajikan sejarah April Mop yang saya ambil dari eramuslim.com. Perayaan April Mop itu diawali peristiwa penyerangan besar-besaran oleh tentara Salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.

Kota-kota Islam di Spanyol seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utara, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelabuhan berhasil dikuasai tentara Salib.

Umat Islam yang tersisa dari peperangan itu dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disiapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu berjanji keselamatan dan memperbolehkan umat Islam menaiki kapal jika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka.

Namun, ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum muslim dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah. Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji tersebut terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai “The April Fool Day.”

Selanjutnya, peristiwa “The April Fool Day” itu dipopulerkan menjadi April Mop dengan “ritual” boleh mengerjai, menipu dan menjahili orang lain pada tanggal tersebut tetapi bernuansa gembira.

April mop membawa malapetaka

Pada 1 April 1946 , bertepatan dengan perayaan April Mop, terjadi tsunami besar di Pulau Aleusia, Hawaii. Gempa itu menewaskan hingga 165 orang di Hawaii termasuk Alaska. Sebenarnya jumlah korban sebanyak itu tidak perlu terjadi andai semua mengindahkan sistem peringatan tsunami milik Pasific Tsunami Warning Center, pusat peringatan tsunami yang terletak di Hawaii.
BAnyaknya korban tenggelam diperkirakan karena mereka menganggap sistem peringatan sengaja dibunyikan demi menghebohkan massa di perayaan April Mop itu.

April Mop juga bisa membawa pada meja hijau dan mengakhiri sebuah biduk rumahtangga. Pada 2007, di China,lelucon yang sering dilontarkan oleh sang istri membuat seorang pria bernama Lin menceraikan istrinya. Kali ini lelucon yang dilakukan sang istri dianggapnya sudah melewati ambang batas, karena sang istri berpura-pura gantung diri. Kejadian yang terjadi di Shanghai ini lebih pada guyonan menggunakan fisik. Lin kaget ketika sepulang kerja ia mendapatka pemandangan mengerikan di rumahnya. Saat ia membuka pintu, dirinya melihat benda hitam berayun di udara. Lampu pun kemudian dinyalakan. Segera saja Lin tersentak saat melihat istrinya telah gantung diri. Lin segera menghubungi Polisi. Sembari menunggu polisi, Lin memanggil orang disekitarnya untuk membantu menurunkan tubuh Han, istrinya. Secara mengagetkan, setelah diturunkan, Han langsung berteriak histeris “April mop”, dan tertawa. Tapi bukan tanggapan sayang datang dari suami, permintaan cerai justru yang terlontar.


Actions

Information

One response

12 04 2010
abu4faqih

Na’udzubillahi min dzalik …

Sungguh miris apa yang terjadi pada saudara-saudara muslim kita itu, jangan sampai terjadi lagi pada kita kapan pun di mana pun.

Saat ini tidak hanya tanggal 1 April, sebagian di antara kita mengalami seperti di atas walaupun tidak berarti terbunuh jiwa mereka, melainkan hati dan pemikiran mereka. Lihat saja bagaimana mereka berbondong-bondong mendatangi tempat-tempat hiburan yang penuh maksiat.

Semoga Allah SWT. menyelamatkan kita dan keluarga kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: