Eksotisme Amprokan Blogger 2010

11 03 2010

Mungkin judulnya terlalu berlebihan tapi memang itu yang saya rasakan untuk menggambarkan keindahan nuansa acara Amprokan Blogger yang dilaksanakan tanggal 6-7 Maret 2010 yang lalu di Bekasi, kota tempat tinggal saya sendiri.

Hari Pertama

Bergaya sebelum berangkatPertama kali datang ke starting point di Asrama Haji Bekasi, saya langsung disambut oleh panitia yang menghimbau saya untuk registrasi ulang dan mendapatkan seperangkat alat shalat, upss… salah maksudnya seperangkat kelengkapan acara dan souvenir seperti nametag, kaos, dan pin yang dibagikan secara cuma-cuma alias gratis, lumayan deh daripada lumanyun…🙂

Hari pertama ini merupakan acara anjangsana ke beberapa tempat yang menjadi ikon kota Bekasi seperti Monumen Perjuangan Rakyat yang terletak di area GOR Bekasi, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, pabrik pembuatan boneka serta ke Cikarang tepatnya President University untuk mendengarkan paparan dari pihak pengelola Jababeka. Namun, sebelum berangkat saya dan beberapa blogger lain saling SKSD terlebih dahulu, dan ternyata setelah saya berkenalan dengan beberapa blogger yang hadir ada temen-temen blogger yang berasal dari Kalimantan, Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Timur dan dari beberapa daerah lainnya di Indonesia termasuk Bekasi dan sekitarnya sehingga suasana pagi itu dipenuhi kehangatan persaudaraan dari para blogger tanah air.

Kemudian waktu sudah menunjukkan pukul 08.15 WIB, saatnya untuk berangkat menuju Monumen atau Tugu Perjuangan yang lokasinya berdekatan dengan Kantor Walikota Bekasi. Penjelasan mengenai monumen tersebut disampaikan oleh panitia kepada seluruh peserta Amprokan Blogger yang hadir. Setelah selesai acara dilanjutkan dengan mengunjungi pabrik pembuatan boneka terbesar yang sudah memiliki 5.000 orang karyawan dan TPA Bantar Gebang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Bekasi karena terkenal dengan ‘tempat sampah’ bagi masyarakat Bekasi maupun DKI Jakarta, namun siapa sangka kalau dari Bantar Gerbang mampu menghasilkan uang dari hasil pengolahan sampah berkat kejasama antara Pemkot Bekasi dan PT. Gikoko. Hebat ternyata sampat bisa disulap menjadi uang hee…🙂

Teriknya matahari siang itu ternyata tidak mengurangi semangat para blogger menjelajahi Kota Bekasi. Setelah puas mencium aroma Bantar gebang, peserta Amprokan Blogger melanjutkan perjalanan ke President University, salah satu Universitas unggulan yang berada di Jababeka, Cikarang. Acara di sana adalah shalat dzuhur dan lunch. Setelah perut kenyang trus tidur deh hee.., itu sih cuma dalam bayangan para peserta yang hadir tapi harus ditahan karena acara teru bergulir. Sebagai pembicara saat itu antara lain pihak President Univerity yang di wakili oleh Mr. Suresh, seorang keturunan India yang lahir di Sumatera. Kemudian dilanjutkan oleh pihak marketing dari Jababeka dan Pak Eka Budianta. Nah, pak Eka ini ternyata pakarnya pepohonan, jadi semua tentang pohon dia sudah menguasainya, mulai dari nama latin hingga bagaimana membuat hutan kota untuk menjaga kelestarian alam dan mereduksi polusi udara.

Para blogger pun tidak hanya mendapat pengetahuan tentang pohon yang disampaikan pak Eka, tetapi pak Eka selaku pihak Jababeka juga menyediakan lahan untuk ditanami 15 buah pohon oleh perwakilan blogger, termasuk saya yang menjadi perwakilan saat itu.

Hari semakin sore, akhirnya kami semua kembali dari Cikarang menuju sebuah pendopo yang berada di area perkantoran Pemkot Bekasi untuk istirahat dan membuka laptop memanfaatkan sarana Speedy yang disediakan oleh Telkom sembari cuci mata melihat kerajinan Kota Bekasi. Namun sayang disayang, saya tidak bisa melanjutkan acara sarasehan dengan Pak Walikota yang juga menghadirkan Enda Nasution, Risa Amrikasari dan Jane Shalimar untuk memperbincangkan seputar blog pada malam harinya karena ada urusan keluarga…🙂

Hari Kedua

Dihari kedua acara Amprokan Blogger, semua kegiatan diadakan di indoor sehingga berbeda dengan pelaksanaan di hari pertamax. Agenda utama dihari kedua adalah seminar interaktif yang menghadirkan Menkominfo yang diwakili oleh Mabruri yang merupakan Staf khusus Menkominfo yang ternyata dia adalah yang membuat akun twitter pak Tifatul Sembiring selaku Menkominfo, ada juga mas Budi Putra dan tak ketinggalan Romi Satrio Wahono yang datang terlambat. Tema yang dibahas adalah mengenai bagaimana mewujudkan Bekasi menjadi kota Cyber. Tentunya ini menjadi hal yang menarik, namun sayang karena terjadi miss information antar panitia dan mas Romi akhirnya mas Romi tidak membawakan presentasinya sesuai tema, melainkan ia menguraikan beberapa 20 karakteristik blogging yang dibawakan secara santai dengan sedikit bumbu humor.

Namun sayang selepas seminar sesi pertama saya langsung meninggalkan acara karena harus beralih menuju Islamic Book Fair di Istora Senayan untuk bergerilya mencari buku-buku yang menarik minat saya. Walaupun begitu, saya tetap merasakan suasana acara Amprokan Blogger yang sangat berkesan karena saya dapat bertemu dengan blogger dari beberapa daerah di Indonesia, acara yang menarik serta fasilitas yang serba gratis.

Salam blogger…🙂


Actions

Information

One response

5 04 2010
Aris Heru Utomo

wah keren acaranya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: