Pelajaran Berharga dari My Name is Khan

25 02 2010

Film India, tentu identik dengan nyanyian dan tangisan dengan cerita-cerita yang klasik, sekiranya ada cerita tentang penjahat dan polisi, pasti polisi selalu telat datang untuk menangkap si penjahat tersebut karena sudah keduluan oleh jagoannya. Yah, itulah khas film India yang saya tahu, dulu ketika saya masih kecil. Oleh sebab ceritanya terkesan basi, jadinya saya malas untuk menonton film India lagi, sama seperti film Indonesia saat ini banyak yang tidak bermutu dan terkesan asal jadi karena hanya profit oriented.

Namun, ketika saya dan Istri melintasi jalan di depan Mall Metropolitan Bekasi, film India dengan judul My Name is Khan menyelinap ditengah-tengah film non India yang beredar saat ini, terbesit di hati saya “loh ko tumben film India muncul di Bioskop Indonesia, padahal sudah lama banget ga muncul”. Penasaran dengan hal itu saya coba cari tahu tentang film itu melalui thriller-nya. Wah kayanya seru nih, akhirnya saya pun mencoba menonton film tersebut kemarin bersama istri🙂. Sebenarnya saya tidak begitu suka dengan film India, tetapi karena melihat thrillernya yang menarik saya pun ikut dalam lautan penonton yang juga menonton film ini. My Name is Khan beda dengan film-film India yang pernah saya tonton waktu kecil karena film ini sangat kental dengan nilai-nilai religi terutama Islam. Tindakan diskriminatif terhadap seseorang yang dianggap teroris yaitu Rizvan Khan yang diperankan oleh Shah rukh Khan, pasca serangan WTC beberapa tahun yang lalu menjadi isu utama dalam film ini.

Saya tidak ingin membahas terlalu dalam film ini, namun saya mencoba untuk mengambil beberapa pelajaran dari film My Name is Khan yang sudah saya tonton kemarin :

  1. Saya salut dengan India yang mampu membuat film dengan scene lintas negara, India-USA. Sementara Indonesia belum bisa seperti ini, padahal biasanya film India ceritanya sangat basi seperti yang pernah saya ketahui, tetapi film ini beda, bagus untuk jadi pelajaran bagi perfilman Indonesia.
  2. Pesan film ini sangat dalam. Disaat orang Amerika phobia terhadap Islam pasca tragedi 9/11, seorang muslim India mencoba untuk berani mengatakan kepada presiden Amerika bahwa dia bukanlah seorang teroris seperti yang diduga. Finally, pesan tersebut sukses disajikan dalam film yang berdurasi 161 menit ini. Harusnya Indonesia yang membuat film seperti ini untuk memperbaiki citra Indonesia yang disebut-sebut menjadi sarang teroris.
  3. Film ini agak terkesan SARA sehingga membuat ekstrimis Hindu mengecam film ini. Namun, film ini cukup berani dengan tetap santun dalam penyajiannya.

Jadi bagi yang ingin menonton film Bollywood dengan rasa Hollywood, film ini bagus kiranya untuk dinikmati.

Good job…🙂


Actions

Information

3 responses

1 03 2010
pravin irawan

nah film Bollywood yang sekarang jauh berbeda dengan film-film Bolly jadul jaman baheula, ada yang bilang hampir kayak film Hollywood dan dah ada beberapa aktor Hollywood yang main film Bollywood.. Sekadar informasi Selain MNIK film Bollywood yang patut ditonton dan sedang hyangat2nya dibicarakan di dunia adalah film:

1.KITES dbintangi Hrithik Roshan & Barbara Mori (Aktris telenovela meksiko yang terkenal lewat telenovela RUBI) genre action romance.

2. TEEN PATTI dibintangi Amitabh Bachchan & Ben Kingsley (aktor gaek Hollywood)genre thriller.

3. VEER dibintangi Salman Khan (Collosal love story)

4. Koochi Koochi Hota Hai = adalah film KKHH versi animasi.

5. FIRED adalah film horror ( ala korea banget)Bollywood tapi memakai Bahasa Inggris yang di bintangi Rahul Bose.

Untuk nonton trailernya kunjungi http://www.bollywoodhungama.com atau http://www.youtube.com.

Saya ingin kenalan dengan anda semua para fans Bollywood, search saya Pravin Irawan di FB.

Semoga informasinya bermanfaat, shukriya Allah hafiz

8 03 2010
Sutan

Nice info mas…

1 03 2010
pravin irawan

satu lagi yang lagi booming sekarang yaitu”

3 IDIOTS

yang dbintangi AAmir Khan..seru, kocak dan mendidik

Leave a Reply

