The Spywar of Defiance

6 03 2009

defiance-poster_kbcDefiance, film yang diangkat dari kisah nyata dengan aktor Daniel Craig (Tuvia) sang pemeran James bond sepertinya memang sarat dengan spywar. Film tersebut menceritakan tentang orang-orang Yahudi di Bellarusia yang dibantai secara membabi buta oleh tentara Nazi Jerman, namun ada sebagian orang-orang Yahudi yang berhasil meloloskan diri dan bersembunyi di belantara hutan Perelaz. Kendati demikian tetap saja mereka diburu oleh tentara Nazi layaknya seekor anjing mencari mangsa. Dengan segala cara mereka berusaha survive hingga musim dingin tiba dan mengancam mereka dengan bahaya kelaparan dan penyakit.

Betapa mirisnya melihat kehidupan orang-orang Yahudi yang bertahan hidup dihutan saat itu, namun mereka bertekad untuk melawan tentara Nazi dengan segala kemampuan yang mereka miliki, dan di akhir film tersebut mereka berhasil memenangkan peperangan melawan tentara Nazi yang telah menyerang mereka setelah mengetahui tempat persembunyian mereka sebelumnya.

Film tersebut sepertinya ingin membuat paradigma kepada seluruh umat manusia bahwa orang-orang Yahudi perlu mendapat simpati karena teror dan pembantaian yang pernah dialaminya. Padahal seperti tragedi holocoust yang dinilai hanya bualan, munculnya film Defiance pun terkesan hanyalah sebuah perang urat saraf (spywar) yang ingin menutupi insiden penyerangan Israel ke Gaza beberapa waktu silam yang telah merenggut ribuan syuhada..


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: