Mengapa rokok Haram ?

29 01 2009

rokok11 Saat muqadimah kajian Fiqih di kantor selasa kemarin, Ust. Ahmad Bisyri, MA menyinggung isu yang sedang hangat dibicarakan masyarakat yaitu tentang akan dikeluarkannya fatwa MUI seputar haramnya merokok.

Isu tersebut memang sedang marak dibincangkan oleh seluruh kalangan masyarakat. Media pun gencar memberitakan isu tersebut, padahal MUI sendiri belum mengeluarkan fatwanya secara resmi. Isu ini mengundang kontroversial di tengah masyarakat dan sebagian besar masyarakat termasuk dari kalangan NU terkesan menolak fatwa tersebut karena mereka menganggap merokok hanya sampai tingkatan makruh saja dengan artian lebih baik untuk dihindari, bukan haram yang berarti larangan untuk tidak melakukannya sama sekali.

Ust. Ahmad Bisyri menilai bahwa ramainya penolakan masyarakat atas haramnya merokok adalah merupakan ketidaktahuan masyarakat khususnya umat Islam terhadap ajaran Islam, dalam hal ini hukum Islam. Masyarakat hanya dapat berkomentar dengan argumentasi yang lemah tidak berdasarkan hukum Islam, sementara dalam ajaran Islam sendiri telah diatur tentang hukum-hukum suatu perkara.

Adapun terkait dengan hukum merokok beliau menyampaikan hal itu dapat ditinjau melalui hukum Qiyas yang artinya menyamakan suatu cabang perkara (furu’) dengan sumber perkara (ushul) yang terdapat dalam Al-Qur’an atau As-Sunnah. Jadi seperti narkoba, tidak ada dalam Al-Qur’an maupun hadits yang menyebutkan tentang hukum narkoba, akan tetapi hal tersebut dapat dilihat dari sumber Asli, dalam hal ini Al-Qur’an yang mengharamkan untuk meminum khamr. Khamr atau minuman keras merupakan perkara dasar (ushul), diharamkan karena khamr dapat merusak otak dan akal sehat seseorang, sedangkan narkoba yang merupakan cabang perkara (furu’) atau perkara yang baru dapat diserupakan dengan khamr bahkan efek yang ditimbulkan lebih besar dari khamr yaitu dapat merusak seluruh jaringan dalam tubuh hingga dapat mematikan sehingga dengan metode Qiyas ini para ulama memutuskan bahwa narkoba hukumnya adalah haram.

Rokok pun demikian halnya, namun dalam Qiyas masih terdapat tingkatan yaitu Qiyas Aulawiyat di mana suatu perkara cabang yang illat-nya lebih tinggi dari ushul-nya, Qiyas Musawah di mana suatu perkara cabang illat-nya sama dengan ushul-nya, dan yang terakhir Qiyas Adna yaitu suatu perkara cabang yang illat-nya sama dengan ushul-nya. Nah bagaimana dengan rokok, kita tunggu saja bagaimana MUI memberi keputusannya, paling tidak kita telah mempunyai dasar ilmu sebelum memberikan suatu argumen.

Wallahu’alam. *irm

mysign


Actions

Information

One response

13 02 2009
benderahitam

haram adalah segala sesuatu yang dapat merusak fisik dan jiwa manusia. angka kematian akibat rokok jauh lebih banyak daripada angka kematian akibat narkoba. narkoba adalah khamr kelas berat. tidak ada istilah narkoba dalam al-qur’an, karena memang istilah narkoba cuma ada di Indonesia aja. di Amerika juga tidak kenal dengan istilah narkoba karena barang haram tersebut di sana disebut Drugs.

Al-qur’an dan hadist juga menggunakan teknik komunikasi. Allah dan Rasulnya pasti akan berbicara sesuai pemahaman orang yang diajak berkomunikasi. misalnya kendaraan, Rasul menyebutnya unta atau kuda karena kendaraan jaman dulu adalah unta dan kuda. tak mungkin beliau menyebut kendaraan dengan mobil karena kalau rasul menyebut kendaraan dengan mobil berdasarkan penglihatannya pada abad sekarang, para sahabat pasti tidak akan memahami apa yang dikatakan oleh Rasul. wallahu a’lam

bagi Anda yang membutuhkan informasi penanggulangan bahaya narkoba, HIV/AIDS, dan gangguan jiwa berbasis ajaran Islam, silahkan bersilaturahmi ke : http://benderahitam.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: