Gaza memanas lagi

28 01 2009

gaza2 Kondisi di Gaza, Palestina, pascagencatan senjata antara Israel dan Hamas pertengahan Januari lalu kembali memanas. Pemicunya adalah bom yang diledakkan ketika patroli militer Israel melintas di dekat pintu perlintasan Kissufim, Selasa (27/1). Satu tentara tewas dan tiga lainnya cedera dalam insiden ini.
Tak terima menjadi sasaran serangan bom, pasukan Israel kembali memasuki gaza untuk mengejar pelaku penyerangan. Namun, pejuang Palestina melancarkan perlawanan dan berakhir dengan baku tembak. Tak hanya itu, serangan udara ke Kota Khan Younis, Jalur Gaza Selatan, turut dilancarkan Israel.
Seorang pejuang Hamas terluka. Bahkan, warga melaporkan melihat tank dan bulldozer Israel kembali memasuki kota mereka yang telah luluh lantak dirudal Israel dalam agresi selama 22 hari.
Pemerintah Palestina juga mengklaim pasukan Israel telah menembak warganya, 10 kilometer dari lokasi ledakan bom. Insiden ini menewaskan seorang petani Gaza dan mencederai dua orang lainnya. Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak, telah menegaskan akan membalas serangan pejuang Palestina.
Sedangkan juru bicara Hamas menyalahkan Israel yang terus membombardir wialyah Gaza meski dalam saat gencatan senjata. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan bom itu. Dikhawatirkan insiden ini kembali memanaskan situasi di Jalur Gaza.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: