Menepis pandangan miring pernikahan

3 10 2008

Sebelum berangkat kerja sesaat saya menonton televisi, namun ketika saya nyalakan televisi kebetulan yang muncul adalah tayangan infotaintment, sejenak saya memperhatikan informasi ditayangan tersebut. Namun saya tersentak ketika dalam tayangan tersebut ada seorang ‘artis’ yang menyebutkan bahwa “hati-hati dengan menikah, jangan hanya karena ingin menjauhi zina seseorang memutuskan untuk menuju jenjang pernikahan, terlalu bodoh jika ada orang yang seperti itu”. Sungguh hati saya merasa teriris ketika mendengar hal tersebut, memang yang mengatakan hal itu adalah seorang artis yang belum lama bercerai dengan suaminya jadi merasa trauma dengan pernikahan.

Seorang istri dari musisi terkenal yang melejit dengan grup ‘Ratu’-nya itu tampaknya berbicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Ironisnya lagi dia adalah seorang muslim yang seharusnya mengerti urgensi dan hakikat pernikahan.

Dalam haditsnya Rasulullah bersabda : “ Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian memiliki kemampuan untuk menikah, maka menikahlah. Karena sesungguhnya hal itu (pernikahan) dapat mencegah pandangan mata kalian dan menjaga kehormatan kalian (dari perbuatan zina). Sedangkan bagi yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, dan berpuasa it adalah perisai baginya”. (HR. Muslim)

Dengan melihat hadits tersebut di atas jelaslah bahwa apa yang dikatakan artis tersebut kontradiktif dengan isi hadits. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam berucap, jangan sampai hanya karena trauma dan emosi justru malah menyesatkan orang dengan perkataannya. *irm


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: